Cari-cari penawar

Share It Now

Petua Halau Cicak : 18 Petua Ikhtiar Untuk Menghalau Cicak



Cicak merupakan sejenis reptilia yang berdarah sejuk dan bertelur. Reptilia ini mampu memanjat dinding yang tegak dan licin seperti cermin. Kajian yang dilakukan oleh pakar sains mendapati bahawa telapak kaki cicak mempunyai rerambut halus yang mewujudkan daya lekatan pada tahap nano. 

Cicak juga mempunyai keupayaan untuk memutuskan ekornya apabila diancam. Dengan itu, musuhnya akan terperanjat ketika ekornya mengeliat-geliat sementara cicak melarikan diri.


18 Petua Ikhtiar Untuk Menghalau Cicak seperti berikut :

1. Kulit telur


Cicak tidak suka bau telur. Oleh itu, letak kulit telur di ruang kosong tepi tingkap atau pintu untuk elakkan dari dimasuki oleh cicak.

Jangan lupa gantikan dengan baru selepas tiga minggu digunakan.

2. Serbuk kopi




Letak sedikit serbuk kopi dalam bekas. Masukkan juga serbuk tembakau dan gaul.

Ambil pencungkil gigi atau batang mancis dan sapu sedikit gam di atasnya kemudian lalukan pada serbuk yang sudah digaulkan.

Letak di tempat yang boleh dimasuki oleh cicak dan juga belakang almari. Cicak akan mati apabila makan serbuk ini.

3. Bawang putih/merah



Cicak benci bau bawang putih dan merah. Gantung atau letak bawang di tingkap atau pintu.

Boleh juga kisar bawang bersama sedikit air. Sembur jus ini di sekeliling rumah.


4. Lada hitam



Dalam satu bekas, masukkan serbuk lada hitam, serbuk cili dan air kemudian masukkan dalam botol spray.

Sembur dinding, tingkap dan pintu untuk elak cicak masuk dan merayap dalam rumah.

Cicak tidak tahan dengan rasa pedas.


5. Ply paper



Lekatkan ply paper pada bahagian bucu siling dan sudut dinding.

Apabila cicak melaluinya, ia akan melekat pada ply paper ini. Jadi dengan mudah anda boleh membuang cicak yang tersekat.

6. Air sejuk


Sembur air pada cicak. Lagi sejuk lagi bagus kerana ia akan melumpuhkan pergerakan cicak.

7. Sos Tabasco



Campurkan air bersama sos Tabasco dan masukkan dalam botol spray.

Sembur belakang almari, rak dan dinding. Baunya yang tajam akan membuatkan bukan sahaja cicak lari malah serangga lain juga tidak berani mendekati.

8. Bulu ayam



Cicak memang gerun dengan burung. Gantung atau letak bulu ayam sekitar rumah.

Apabila cicak melihatnya, dengan segera ia akan menjauhkan diri.


9. Perangkap tikus






Tidak terhad pada menangkap tikus, perangkap ini juga sebenarnya boleh digunakan untuk menjerat cicak juga.


10. Usir Nyamuk dan Serangga

Cicak merupakan binatang yang menjadikan nyamuk dan serangga sebagai makanannya. Nah, jika kita mengusir nyamuk dan serangga dari rumah, maka secara otomatis cicak juga akan ikut pergi karena ia tidak bisa menemukan makanan di dalam rumah kita.

11. Bersihkan Kolong Meja

cara mengusir cicak Selain berdiam di langit-langit, cicak juga paling senang tinggal di kolong meja atau bagian tersembunyi dari perabotan rumah lainnya. Maka dari itu untuk mempersempit ruang geraknya, bersihkanlah berbagai tempat favorit para cicak tersebut. Membersihkan tempat-tempat tersebut juga secara otomatis akan mengusir nyamuk, laba-laba, dan binatang kecil lainnya.

12. Pelihara Kucing

kucing makan cicak Anak kucing maupun kucing yang sudah dewasa sangat suka dengan hewan kecil yang bergerak-gerak seperti cicak, curut, dan kecoa. Nah, untuk mengurangi populasi cicak yang berlebihan atau yang mengganggu, Anda dapat memelihara kucing di rumah Anda. Kucing biasanya akan memain-mainkan cicak tersebut hingga kelelahan. Terkadang kucing juga memakannya ketika lapar. Kucing memang tidak akan membasmi seluruh cicak di rumah, namun akan membantu untuk menyeimbangkan populasinya.


13. Halangi Jalan Masuknya

Halangi Jalan Masuknya Agar cicak yang ada di luar tidak masuk ke dalam rumah, halangilah jalan masuk mereka. Caranya adalah dengan memasang kawat nyamuk di ventilasi rumah Anda. Untuk celah-celah kecil di antara pintu, Anda dapat memasangi double tape khusus untuk menjebak binatang kecil. Nantinya cicak yang terperangkap bisa Anda buang tanpa perlu membunuhnya.

14. Tutup Makanan


Tutup Makanan Cicak sangat suka dengan makanan yang dimakan oleh manusia. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menutup makanan dan minuman yang ada di atas meja agar cicak tidak bisa menjangkaunya. Menaruh makanan di dalam kulkas juga merupakan ide yang baik karena cicak tidak akan bisa masuk ke dalamnya. Selain makanan yang masih utuh, sisa makanan berupa remah-remah juga bisa mengundang hadirnya cicak. Maka dari itu bersihkanlah meja makan, lantai, hingga dapur Anda dari sisa-sisa makanan yang berceceran.

15. Taburi Tembakau


Taburi Tembakau Sama halnya seperti tokek, cicak juga sangat tidak suka dengan bau tembakau. Aroma menyengat dari tembakau dapat membuat cicak kabur dan tidak mau mendekatinya. Oleh karena itu cobalah untuk menaburkan tembakau di lokasi-lokasi strategis yang biasa menjadi tempat persembunyian cicak. Cara membasmi cicak yang satu ini hanya akan mengusir cicak, tapi tidak membunuhnya. Agar tidak berantakan, Anda juga bisa menaruhnya di dalam plastik yang sudah dilubangi. Simpanlah bungkusan plastik tersebut di kolong meja, belakang lemari, bawah ranjang, dan tempat-temapt favorit cicak lainnya

16. Memasang AC 






Memasang AC Cicak sangat tidak suka dengan udara dingin karena mereka adalah binatang berdarah panas. Maka dari itu memasang AC di rumah dapat menjadi salah satu cara mengusir cicak. Mereka akan kabur dari rumah Anda karena kedinginan. Namun cara ini pastinya membutuhkan biaya mahal dan tidak cocok untuk semua orang.

17. Tangkap dan Buang

Jika berbagai cara mengusir cicak di atas belum juga cukup, maka Anda dapat mulai menangkapi dan membuang cicak tersebut. Ingat, cukup buang saja dan jangan sampai membunuhnya. Buanglah ke kebun atau halaman sekitar karena cicak juga sangat menyukai serangga kecil yang ada di pepohonan. 


Berikut adalah beberapa tips untuk menangkapnya: 

Lakukan di malam hari Cicak merupakan binatang yang aktif di malam hari. Mereka akan berkeliaran di langit-langit, jendela, ventilasi, lemari, dan tempat lainnya untuk mencari serangga sambil sesekali mengeluarkan suara decitnya yang sangat khas. Maka dari itu lakukanlah perburuan cicak di malam hari. 

Anda dapat membawa senter atau sumber cahaya lainnya untuk mengundang serangga agar mendekat. Jika sudah banyak serangga, maka cicak-cicak juga secara otomatis akan mendekati tempat tersebut. Jangan bersuara Cicak merupakan binatang yang cukup sensitif pada suara dan gerakan. 

Untuk menangkapnya Anda harus mengendap-endap di belakangnya dengan sangat hati-hati. Jika berisik, maka secara otomatis cicak akan kabur dan bersembunyi dengan cepat. Anda bisa langsung menangkapnya dengan tangan kosong atau menggunakan kain jika merasa jijik. Tangkaplah bagian kepala atau badannya karena jika Anda menangkap ekornya maka secara otomatis ekor tersebut akan putus. 

Gunakan karet gelang karet gelang cicak Jika cicak yang Anda buru berada di langit-langit, maka Anda bisa menembaknya dengan menggunakan karet gelang. Cara ini mungkin cukup sulit pada awalnya, namun Anda akan semakin mahir jika sudah terbiasa melakukannya. Tembaklah cicak tersebut tepat di tubuhnya agar ia hilang keseimbangan dan kemudian terjatuh. Namun ingat jangan menembaknya terlalu keras karena dapat menghancurkan tubuh cicak. 

Cukup tembak perlahan saja hingga ia terjatuh. Jebak dengan gelas Jebak dengan gelas Meskipun bisa menempel di dinding, namun cicak biasanya kesulitan untuk menempel di gelas kaca. Oleh karena itu Anda dapat menjebak cicak dengan menggunakan gelas yang tinggi dan sudah diisi makanan atau minuman di dalamnya. Ketika cicak sudah masuk maka ia akan kesulitan untuk keluar dari dalam gelas tersebut.


18. Bunuh Cicak Jika Mengganggu Saja


Bunuh Cicak Jika Mengganggu Saja Meskipun terkadang menyebalkan, namun usahakan untuk tidak sampai membunuh cicak. Kehadiran cicak di rumah bukanlah tanpa tujuan karena mereka juga membawa manfaat bagi penghuni rumah tersebut. Bahkan, beberapa orang percaya jika kehadiran cicak merupakan pertanda bahwa rumah tersebut dinaungi keberuntungan. Cicak dikenal sebagai pemburu nyamuk dan serangga yang handal sehingga dapat mengurangi populasi kedua binatang pengganggu tersebut di rumah Anda. Maka dari itu jika memang tidak terlalu mengganggu, maka Anda tidak perlu mencari cara mengusir cicak apalagi sampai membunuhnya.






Petua Terkini :

Khasiat Daun Kesom -